Kenali Diriku


Saya lupa kapan persisnya, tetapi sejak blog ini dibuat, cukup banyak orang yang mengunjunginya. Tidak kusangka, sudah lebih dari 70 ribu orang yang pernah mengakses blogku. Luar biasa! Harapan saya, semoga ini memicu saya untuk terus berkreasi.

Sehari-hari saya adalah seorang dosen humaniora (utamanya filsafat dan turunannya) di Fakultas Kedokteran, Unika Atmajaya, Jakarta. Saya dosen tetap di situ. Meskipun mengajar di Atma Jaya sejak tahun 2004, saya baru diangkat jadi dosen tetap tahun 2009.

Saya mengajar mata kuliah filsafat seperti logika, filsafat ilmu, etika, filsafat manusia, dan sebagainya. Sekali dalam seminggu saya juga mengajar di Binus University. Di sana saya mengajar mata kuliah Character Building.

Tahun tahun ini (2010-2011) saya kuliah bioetika di Eropa. Karena ini adalah beasiswa Erasmus Mundus, 3 bulan pertama belajar di Katholieke Universiteit Leuven (Belgia). Tiga bulan berikutnya (Januari – Maret 2011) akan belajar di Universitas Radbout, Nijmegen, Belanda. Lalu tiga atau empat bulan terakhir (April-Juli 2011) akan merampungkan studi di Universita delli Padua, Italia. Setelah itu pulang deh ke Atma Jaya dan akan fokus pada pengajaran serta penelitian di bidang etika terapan, khususnya biomedical ethics sebagaimana saya mendalami ilmunya sekarang.

Senang berkenalan dengan Anda. Thanks!

25 pemikiran pada “Kenali Diriku

  1. SAYA MENCOBA BERFIKIR FILSAFAT?

    apa itu etika?
    bedanya etika dengan moral apa? standart etika masing masing orangkan beda TRUS APAKAH ada standart yang universal. contoh di indonesia etikanya “mencuri” jwabannya pasti tidak baik kan. sama seperti negara didunia bahwa mencuri itu tidak baik karena mengambil hak orang lain.mana ada orang yang mau dicuri barangnya (UNIVERSAL)

    tapi ada kasus ini. di indonesia membunuh orang tua itu tidak baik/buruk, berbeda di daerah kutub utara bahwa membunuh orang tua itu baik karena ini sudah menjadi budaya disana yakni orang tua harus dibunuh anaknya karena ini sebagai berntuk penghormatan/ kesetiaan anak kepada orang tua.

    Gimana apakah standart etika itu Relatif atau universalkah?

    1. Pertanyaan kurang relevan, karena diskusi tentang relativitas moral sudah diatasi oleh diskusi mengenai applied ethics. Coba baca mengenai applied ethics dan kemudian bisa didiskusikan di sini. Mempertankan deontologi murni atau utilitarisme murni hanya mungkin di kelas logika, itu pun demi konsistensi argumentasi.

    1. Silakan saja. Artikel ini bukan murni punyaku. Saya menyadur dari karya orang (edisi berbahasa Inggris). Semoga dengan demikian, rekan2 di Indonesia yang sedang belajar filsafat bisa terbantu mendalami pemikiran Kant. Salam kenal.

  2. Salam kenal…MERDEKA

    Sudah lama saya mencari komunitas utnutk menuangkan….atau minimal share dalam masalah NASIONALISME bangsa kita yang sudah mulai berkarat.

    Saya mau “mengeram” kembali idealisme-idealisme yang melayang kemana-mana sejak meninggalkan bangku kuliah….dan sementara ini kerinduan hati saya lepaskan pada diskusi di forum “Indonsia Unite”

    Maaf profil mendetail belum bisa saya publikasikan…yang jelas saya dari daerah Malang

    Trim’s

  3. Diak kuando sei hanoin hela hau.! agora hau iha dili servico swasta, halo bisnis kiik oan hodi hatutan moris. Kuando hau ba Jakarta maka hau kontaktu ba Pak Jeremias ita hasoru malu, interesante tebes atu bele hasoru Ita, tamba iha ideia barak ke hakarak fahe ho Ita sobre Rai Doben Timor. Hau hatene Ita Boot nia blog husi Pe. Dominggos, kuanda ami iha misa maka hau husu tuir Frater sira uluk ne maka nia esplika ba hau dehan bele hare facebook ita nian ne mak hau descobre blog ne. Interesante tebes Ita nia blog ne! Entao laiha hanoin atu lao halimar mai Timor?
    +1

  4. OK. Hau kontente mos tan bele contacto fali antigo alunos sira. Hau hakarak mos atu visita Timor mas la hatene wainhira. Hau hasoru padre Helio iha Roma e nia mos convida hau atu ba Timor. Ita sei hare. Sei fila husi Italia iha Julho, e iha ferias oituan. Setembro hahu hanorin fali.
    Fo hau nia comprimentos mos ba kolega sira iha neba. Ciao

  5. Sangat luar biasa,! masih ingat nda sama saya Nilton? mantan murid pak Jeremias di STM Fatumaca. Setelah membaca semua isi blog ini mengingatkan kembali saya dimasa sekolah di Fatumaca! sebab Pak Jeremias adalah Guru idola, kebanggaan dan panutan saya waktu itu karena memiliki metode pangajaran dan penguasaan materi yang sangat luar biasa.! Sukses Buat Pak Jeremias…

    1. Hi Nilton, tentu masih ingat. Hau sei hanoin hela. Agora servisu iha nebe? Hau hela e hanorin iha Universidade Atma Jaya, Jakarta. Agora estuda hela iha Eropa mas atu remata fulan Juli tuir mai. Se ba Jakarta karik bele kontakto hau. OK?

      1. Diak kuando sei hanoin hela hau.! agora hau iha dili servico swasta, halo bisnis kiik oan hodi hatutan moris. Kuando hau ba Jakarta maka hau kontaktu ba Pak Jeremias ita hasoru malu, interesante tebes atu bele hasoru Ita, tamba iha ideia barak ke hakarak fahe ho Ita sobre Rai Doben Timor. Hau hatene Ita Boot nia blog husi Pe. Dominggos, kuanda ami iha misa maka hau husu tuir Frater sira uluk ne maka nia esplika ba hau dehan bele hare facebook ita nian ne mak hau descobre blog ne. Interesante tebes Ita nia blog ne! Entao laiha hanoin atu lao halimar mai Timor?

  6. Salam kenal,
    Nama saya Suparlan. Saya pensiunan dari Departemen Pendidikan Nasional. Senang sekali dapat belajar pendidikan karakter dari Anda. Saya menilai bahwa pencanangan tema Pendidikan Karakter oleh Mendiknas dalam peringatan Hardiknas baru-baru ini kurang disertai dengan persiapan yang matang. Mestinya sudah ada konsepnya secara matang. Bahkan, pedoman operasional pelaksanaannya juga sudah ada, agar satuan pendidikan dapat melaksanakannya, bukan hanya sekedar mengenal kulit luarnya. Maaf dan makasih.
    Salam,
    http://www.suparlan.com

  7. Sahabat dan saudaraku Ytk,
    Melalui email ini kami ingin berbagi pengalaman iman kepada Anda, maka kami mencoba ciptakan sebuah blog yang kami persembahkan pertama-tama untuk anak kami tercinta Anne Satya yang telah dipanggil Tuhan Allah Yang Maha Kuasa dan Maha kasih. Dan yang kedua kami persembahkan untuk semua sahabat sebagai sharing pengalaman iman kami bahwa mendampingi orang sakit terlebih mendampingi orang yang akan meninggaldunia sangatlah penting sekali.
    Silakan kunjungi blog Anne http://anne1995.wordpress.com
    Mohon doanya untuk anak kami
    Semoga sharing ini berguna bagi Anda. dan doakan keluarga kami yang sedang mengalami kesulitan keuangan ini.

    salam hormat kami dari jogjakarta
    Kahono +628562950628

  8. GENERE CAFE
    CAFE PUSTAKA

    Untuk Pertama kalinya, kami undang untuk berkunjung ke sebuah Cafe Pustaka. Berkunjunglah ke Cafe kami.

    Kunjungi kami di :

    http://generecafe.blogspot.com.

    Sebuah Ruang Pustaka yang kami suguhkan bagi para pengunjung setia penikmat Blogger di Seluruh Indonesia.

    Simpanlah undangan kami ini, apabila suatu saat nanti anda membutuhkan sebuah Cafe Pustaka sebagai bahan refrensi anda.

    Hormat kami,

    Genere Cafe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s