Filsafat Ilmu Pengetahuan

filsafat ilmu2Filsafat ilmu adalah cabang dari ilmu filsafat yang mempelajari dasar atau fundamen, metode, dan implikasi dari sains. Persoalan utama yang hendak diangkat filsafat ilmu pengetahuan sebenarnya adalah bagaimana mengkaji atau merefleksikan secara filosofis unsur-unsur hakiki dari reliabilitas teori-teori ilmiah dan tujuan-tujuan yang hendak diwujudkan ilmu pengetahuan.

Filsafat ilmu mengkaji atau mendiskusikan secara filosofis apa tujuan ilmu pengetahuan. Perdebatan dalam konteks tujuan ilmu pengetahuan terletak pada apakah ilmu pengetahuan memiliki tujuan praktis tertentu yang ingin diwujudkan demi sesuatu di luar dirinya, misalnya demi kesejahteraan masyarakat?

Filsafat ilmu juga mendiskusikan secara filosofis sejarah perkembangan ilmu pengetahuan. Relevansi kajian ini terletak pada bagaimana ilmu pengetahuan tidak hanya berkembang dalam historisitas tertentu, tetapi juga dipengaruhi oleh sejauh mana kesadaran keilmiahan manusia berkembang. Di akhir dari kajian ini kita semakin menyadari betapa para ilmuwan saling belajar satu sama lain, saling mengkritik dan mengoreksi untuk mencapai hipotesis dan teori ilmiah yang penjelasannya mengenai realitas semakin mendekati kebenaran.

Buku ini diberi judul Filsafat Ilmu: Kajian atas Sejarah dan Metodologi Keilmuan. Kajian historis mengambil porsi yang cukup besar dalam buku ini, terutama dalam bab-bab mengenai pemikiran Yunani Kuno mengenai sains, problem realisme ilmiah dan Revolusi Kopernikus, polemik sains di abad 17 dan 18, serta kritik terhadap positivisme. Kajian ini bertujuan untuk menunjukkan betapa ilmu pengetahuan berkembang dalam sejarah dan budaya tertentu. Dalam arti itu, kecenderungan ilmu pengetahuan yang ingin membebaskan diri dari tanggung jawab sosial seharusnya tidak diberi tempat.

Tentang Penulis

Buku ini ditulis oleh saya sendiri, Yeremias Jena, S.S., M.Hum, M.Sc. Tentang siapa saya dapat dideskripsikan demikian: Lahir di Lembata (NTT), 23 Agustus 1969. Bekerja sebagai staf pengajar tetap di Fakultas Kedokteran, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta. Ia adalah Koordinator Mata Kuliah Humaniora Kedokteran sekaligus mengajar mata kuliah Etika Umum, Etika Biomedis, dan Filsafat Kedokteran di fakultas tersebut. Selain itu, ia juga mengajar Filsafat Ilmu di Fakultas Psikologi, Bioetika di Fakultas Teknobiologi dan Logika, semuanya di lingkungan Atma Jaya Jakarta.

Ia menyelesaikan S1 dan S2 bidang filsafat di Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara Jakarta dan bidang S2 bidang Bioetika dari Katholieke Universiteit Leuven (Belgium).

Ia aktif menerbitkan karya-karya filsafat di Jurnal Filsafat Driyarkara, Jurnal Etika Respons, Jurnal Filsafat Diskursus, Jurnal Filsafat Melintas dan beberapa jurnal lainnya. Sebagai staf Pusat Pengembangan Etika (PPE) d tempatnya bekerja, ia aktif mengisi kolom etika di harian Suara Pembaruan. Ia telah menerbitkan buku Yohanes Bosco: Rasul Kaum Muda (2009), Merajut Hidup Bermakna. Narasi Filosofis Pencerah Kehidupan (2013), dan Wacana Tubuh dan Kedokteran. Sebuah Refleksi Filosofis (2014). Ia bisa dihubungi di email: yeremias.jena@gmail.com

Bagaimana Bisa Memiliki Buku Ini

Jika pembaca berminat dan ingin memiliki buku ini, Anda bisa menghubungi saya di email saya seperti tertera di atas. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s