Tiga Filter Gosip

Socrates

Sebuah kisah datang tradisi filsafat Socrates. Sang filsuf dan guru kehidupan yang sangat dihormati ini suatu ketika kedatangan seorang tamu yang adalah sahabatnya sendiri. Kepada Socrates, sang tamu itu berkata, “Tahukah Anda apa yang baru saja aku dengar mengenai para sahabatmu?” Socrates menjawab, katanya, “Tahan sekejab. Sebelum Anda memberitahu kepadaku mengenai sahabat-sahabatku, bagus jika kita berdiam diri sejenak dan menyaring terlebih dahulu apa yang ingin kita katakan. Itulah sebabnya saya menyebutnya sebagai ‘tes penyaringan berlapis tiga’. Lapis pertama adalah Kebenaran. Apakah Anda yakin betul bahwa apa yang akan Anda katakan kepadaku adalah sebuah kebenaran?”

“Tidak juga,” jawab sang tamu itu. “Aku hanya mendengarnya dari orang lain dan … .”

Sebelum melanjutkan kata-katanya, Socrates memotong, “Baiklah! Jadi Anda tidak tahu persis apakah yang akan Anda katakan itu benar atau salah. Sekarang marilah kita terapkan penyaringan lapis kedua, yakni lapis Kebaikan. Apakah yang akan Anda katakan kepada saya adalah hal mengenai kebaikan sahabat saya?”

Sang tamu itu tampak tersipu-sipu lalu menjawab, “Emmmmm, tidak. Justru sebaliknya!”

Socrates pun menjawab, “Jadi Anda sebenarnya mau mengatakan sesuatu kepada saya mengenai sahabat saya tetapi Anda sendiri tidak bisa memastikan apakah itu suatu Kebenaran atau tidak. Dan yang akan Anda katakan itu bukanlah suatu Kebaikan mengenai sahabat saya. Mungkin saja Anda bisa melewati tes ini karena masih ada satu lagi penyaringan, yakni Kebermanfaatan. Apakah informasi yang ingin Anda beritahukan kepada saya mengenai sahabat saya itu akan bermanfaat bagi saya?”

“Tidak, sama sekali tidak!” jawab sang tamu itu.

“Baiklah,“ Socrates menyimpulkan, “Jika apa yang akan Anda katakan itu tidak mengandung kebenaran, tidak mengandung kebaikan, dan tidak bermanfaat, mengapa Anda ingin sampaikan kepadaku?” (Kisah diambil dari http://www.inspirationpeak.com/cgi-bin/stories.cgi?record=150, akses: 6 Februari 2014).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s