Film Last Night dan Pemahaman Tentang Selingkuh

220px-Last_Night
Poster Film Last Night

Saya tidak tahu mengapa memutuskan menonton film Last Night (2010), sebuah film yang sebenarnya dianggap sebagai rotten tomato. Mungkin karena ingin menonton film apa saja demi melewati akhir pekan di minggu keempat bulan Mei 2013. Lagi pula, siaran bola kaki dari Eropa sudah mulai berakhir sementara acara televisi lokal umumnya berbicara panjang lebar mengenai korupsi daging sapi. Ya sudah, nonton saja film yang satu ini.

Alur Cerita

Film ini dibintangi oleh Keira Knightley (memerankan Joanna) dan Sam Worthhington) yang memerankan Michael Reed. Keduanya adalah orang sukses dan bahagia dalam hubungan suami istri. Michael adalah seorang agen real estate, sementara Joanna adalah seorang penulis yang berjuang keras agar sukses sebagai penulis.

Masa-masa perkawinan yang baru seumur jagung pun diisi dengan berbagai acara dan kegiatan yang membahagiakan sampai suatu waktu Joanna bertemu dengan Laura (diperankan oleh Eva Mendes), seorang perempuan paruh baya yang cantik, rekan kerjanya Michael. Joanna sendiri terkejut bercampur heran, mengapa suaminya, Michael tidak pernah bercerita mengenai perempuan cantik satu ini. Ada beberapa adegan di mana Joanna menaruh curiga jika ada hubungan spesial antara suaminya dengan Laura. Misalnya, dalam salah satu gala dinner dengan rekan-rekan Michael, Joanna melihat tendensi Laura yang terlalu dekat dengan suaminya, bahkan bersentuhan tubuh dan berpegangan tangan. Michael pun sepertinya menghabiskan lebih banyak waktu ngobrol dengan Laura dibandingkan dengan Joanna. Inilah yang membuat Joanna benar-benar menaruh curiga jika suaminya bermain api dengan rekan kerjanya.

Sampailah suatu ketika Michael harus bepergian dalam sebuah urusan bisnis bersama rekan-rekannya, termasuk di dalamnya ada Laura. Sontak saja, Joanna semakin menaruh curiga. Tampak jelas, di malam menjelang kepergiaan Michael, Joanna benar-benar bete. Apalagi ketika dia menanyakan kepada Michael apakah dia berhubungan dengan Laura, Michael selalu menolak bahwa sama sekali tidak ada hubungan. Juga tidak ada hubungan seks meskipun pernah melakukan perjalanan dinas bersama sebelumnya. Tetapi namanya juga perempuan dan istri. Dia seakan percaya pada pandanga umum yang mengatakan bahwa laki-laki di luar rumah itu bukan suami. Dia adalah pribadi yang bebas.

Maka berangkatlah Michael dan Laura (juga teman kantor lainnya) dalam sebuah acara bisnis di Philadelphia. Sewaktu Michael di luar kota itulah secara tidak sengaja Joanna bertemu kembali dengan Alex (diperankan oleh Guillaume Canet) ketika hendak meninggalkan sebuah kafe. Alex adalah laki-laki yang dulu pernah merajut kisah cinta dengan dirinya. Keduanya sepakat untuk bertemu hari itu. Alex sendiri datang ke New York untuk suatu urusan dan harus meninggalkan kota itu keesokan hari. Keduanya pun melewati malam bersama-sama. Mereka sempat makan malam bersama sahabat Alex, suami istri Sandra dan Truman. Selama percakapan sembari makan malam itu terungkap adanya hubungan antara Joanna dan Alex, bahwa Joanna bertemua Alex 4 tahun yang lalu di Paris ketika sedang menulis sebuah cerita. Dan bahwa dia tidak pernah bercerita mengenai Alex kepada Michael suaminya.

last_night_movie_image_slice_01
Salah satu adegan Alex dan Joanna

Setelah makan malam itu Joanna dan Alex pergi ke apartemennya Andy (seorang teman), di mana mereka mendiskusikan romansa mereka sebelumnya. Dalam percakapan mereka inilah tampak bahwa Joanna sedang ada masalah dengan suaminya, dan bahwa Joanna mencurigai suaminya punya affair dengan rekan kantornya. Joanna kemudian keluar dari apartemen untuk membawa Lucy, anjingnya Andy (temannya) berkeliling kompleks. Ketika Alex turun dari apartemen ke bawah untuk menyalami Joanna, dia malah lupa kunci apartemen, sehingga mereka berdua tidak bisa masuk kembali. Lalu mereka memutuskan untuk pergi ke sebuah pesta di mana di sana sudah ada Sandra dan Truman. Di sanalah Alex dan Joanna semakin dekat dan semakin merasakan keintiman. Keduanya pun berciuman penuh birahi di lift. Setelah pesta itu, Alex dan Joanna balik ke hotelnya Alex. Di sana Joanna menolak berhubungan seks dengan Alex. Keduanya pun melewati malam itu hanya berpelukan di tempat tidur.

Film ini cukup cerdik ketika memainkan kamera secara bergantian dari setiap ketegangan yang mendera Michael dan Laura ke yang dialami Joanna dan Alex. Apa yang terjadi selanjutnya? Joanna berhasil mempertahankan identitas dirinya, bahwa dia adalah Ny. Michael, karena itu tidak tidak mau berhubungan seks dengan Alex, meskipun keduanya tampak menginginkannya. Malam itu pun dilalui dalam ketegangan. Hanya kecupan bibir dan belaian mesrah yang bisa Alex dapatkan dari mantan pacarnya, tidak lebih dari itu.

Keadaan ini tentu sangat kontras dengan apa yang sedang dialami Michael di kota lain. Setelah makan malam dengan klien mereka, Laura mengudang Michael untuk minum, dan Michael menerima undangan itu. Mereka pun akhirnya minum berdua di bar hotel. Dalam percakapan mereka tampak bahwa Michael memang tidak pernah berselingkuh. Keduanya kemudian beranjak ke kolam renang hotel di mana mereka berenang hanya dengan pakaian dalam. Mereka terus mendiskusikan masalah ketidaksetiaan, sebuah topik pembicaraan yang mulai menggoda Michael. Dalam percakapan itulah Laura mengatakan bahwa dia memang pernah berselingkuh, dan bagi dia itu tidak apa-apa. Harus diakui, Laura (Eva Mendes) memang cantik. Semua orang juga tahu bahwa Eva Mendes memiliki tubuh yang indah. Bibirnya seksi, bokongnya proporsional, sorot matanya ketika menggoda memang membuat jantung lelaki terasa berhenti. Dan yang terpenting adalah bahwa Laura sudah beberapa kali berselingkuh. Mungkin ini yang menjadi semacam pembenaran, bahwa apa yang dilakukannya dengan Michael bukanlah hal yang sama sekali salah. Mereka kemudian balik ke kamar dan di sanalah terjadi hubungan intim antarkeduanya.

Keesokan harinya Michael berusaha berbicara dan meminta maaf kepada Laura tentang apa yang sudah terjadi semalam tetapi dia tidak bisa melakukannya. Michael juga menemukan sebuah catatan yang ditulis oleh Joanna dan diselipkan di kemejanya. Tulisan tangan Joanna di atas sehelai kertas dan diselipkan di kemeja Michael itu isinya menyatakan bahwa Joanna percaya pada kejujuran Michael. Terbebani oleh perasaan bersalah setelah membaca tulisan itu, Michael pun memutuskan untuk meninggalkan Philadelphia dan balik ke New York. Laura dan Andy meneruskan acara bisnis mereka. Sementara di hari yang sama, Alex meninggalkan New York dengan hati yang hancur berantakan karena tidak bisa menikmati keindahan tubuh mantan kekasihnya, Joanna.

LAST-NIGHT-FILM1
Salah satu adegan Michael dan Joanna.

Michael pun tiba di rumah dan mendapatkan istrinya, Joanna sedang menangis. Di hari itu, mereka memutuskan untuk menjalani hidup lebih baik lagi ke depan.Keduanya saling berpelukan ketika Michael mengatakan kepada Joanna bahwa dia sangat mencintainya sementara Michael sendiri melihat kog sepatunya Joanna yang ada di lantai keadaannya sobek semalam sebelumnya. Michael sendiri bertanya-tanya dalam hatinya, ada apa ini? Kog sepatu istrinya berantakan dan sobek? Michael juga menemukan bahwa semalam Joanna ternyata memakai celana dalamnya yang terbaik, dan itu belum ditanggalkan Joanna. Kog bisa? Mengapa ya? Joanna sendiri pun terheran-heran, kenapa Michael pulang lebih cepat dari rencana awal? Dan ketika Joanna hendak mengatakan sesuatu, film pun tiba-tiba saja berakhir.

Menyisakan Tanya

Terlepas dari berbagai kritik terhadap film ini, beberapa pertanyaan yang mengganjal di hati saya: apakah perselingkuhan identik dengan laki-laki? Bahwa perselingkungah itu dilakukan oleh laki-laki karena dia tergoda oleh perempuan (yang dalam film ini memang digambarkan seolah-olah mengambil inisiatif pertama)? Bukankah film ini tetap bersifat generik dalam arti memotret laki-laki sebagai pihak yang tidak bisa menjaga diri di luar rumah? Bahwa perempuan, kalau pun punya affair, memiliki kemampuan mempertahankan komitmen perkawinannya yang jauh lebih besar dari laki-laki? Atau, apakah perempuan yang sudah pernah berselingkuh akan lebih mudah melakukannya lagi? Bukankah itu mau mengatakan bahwa laki-laki yang tidak pernah berselingkuh akan mudah jatuh jika ada godaan dan kesempatan, sementara perempuan yang tidak pernah berselingkuh akan lebih kuat mempertahankan diri? Tetapi juga pertanyaan, apakah berciuman atau membelai perempuan lain atau menghabiskan malam di pelukan laki-laki lain yang bukan suami/istrinya belum bisa dikategorikan sebagai selingkuh sejauh belum berhubungan badan?

Ya, ini sekadar pertanyaan yang terformulasi ketika menulis karangan ini. Bagi mereka yang berencana menghabiskan akhir pekan dengan menonton film tanpa mau banyak berpikir sewaktu menonton, mungkin Anda bisa mempertimbangkan film yang satu ini. DVDnya bisa dengan mudah dibeli. Selamat menonton![]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s