Dua Bulan Menghilang?

Luar biasa atau hal yang aneh? Yang jelas, sejak 22 Agustus 2011 saya belum memposting satu tulisan pun di blog ini. Rekan-rekan pembaca mungkin ada yang bertanya-tanya, di manakah gerangan si empunya blog ini? Apakah dia sudah habis? Apakah proses kreatifnya memang sudah berakhir? Apakah dia sudah tidak bergairah lagi menulis? Mengapa blog ini ditelantarkan begitu saja, tanpa ada yang mengurus?

Ya, saya menyadari hal itu. Kalau alasannya karena mandegnya proses kreatif, saya kira tidak. Buktinya dua bulan terakhir ini saya masih bisa menerbitkan tulisan, baik di media massa maupun di jurnal akademis.  Tetapi harus diakui, tulisan yang lebih populer memang “agak” jarang saya buat, minimal dua bulan terakhir.

Sibuk? Sudah pasti! Begitu pulang dari Eropa, belum sempat istirahat, harus melanjutkan perjalanan ke kampung halaman di Lembata, NTT. Tinggal di kampong selama 3 minggu dan jauh dari sarana komunikasi seperti internet tentu menyulitkan saya memposting tulisan. Ya, meskipun ada juga sih warnet di sana, tetapi menghabiskan waktu bersama keluarga besar terasa jauh lebih mengasyikkan. Hampir setiap hari waktuku dihabiskan dengan membantu saudara mengurus ayam peliharaannya. Selain itu, tentu tujuan utamaku ke kampong adalah mempersiapkan doa dan ibadah 40 hari meninggalnya ibuku tercinta.

Balik ke Jakarta baru tanggal 6 Agustus 2011, langsung dua hari kemudian masuk kerja. Persiapan tahun kuliah cukup menyita waktu dan tenaga. Sepertia biasa, bekerja sebagai dosen mendorong seseorang untuk mempersiapkan kuliah dengan cukup baik dan memadai. Itulah yang terjadi. Merevisi materi, mengupdate lagi power point sesuai dengan perkembangan terbaru, mendiskusikan materi kuliah bersama teman parallel, atau menyediakan waktu ekstra untuk membaca dan mempersiapkan kuliah jika diberi kepercayaan memberi materi kuliah yang belum pernah diasuh sebelumnya. Menarik, menantang, tetapi sekaligus mengasyikkan.

Ada tiga “proyek” menantang yang harus diselesaikan sampai dengan akhir tahun 2011 ini. Di depan mata akan ada Peluncuran Buku berjudul MORALITAS LENTERA DUNIA. Buku ini disusun bersama untuk memperingati 75 Tahun Prof. K. Bertens. Beliau berulang tahun ke-75 pada bulan Juni 2011 yang lalu, dan buku ini menjadi medium untuk menghormati dan menghargai kiprahnya sebagai etikawan andal, tidak hanya di lingkungan Unika Atma Jaya Indonesia (Jakarta), tetapi juga masyarakat pencinta etika, filsafat, dan etika biomedis pada umumnya.

Setelah itu, ada proyek penulisan buku Pendidikan Karakter. Penulisan buku ini lebih merupakan deskripsi best practice pendidikan dan pengembangan karakter di Atma Jaya yang selama ini dipraktikkan. Jadi, ini lebih merupakan sharing of knowledge and experiences. Penyuplai dana untuk ”proyek” ini adalah DIKTI, dan karena itu kami harus bekerja sesuai dengan dead line yang diberikan DIKTI. Mudah-mudahan sudah selesai di bulan November 2011, dan memang harus selesai karena batas waktunya memang di bulan itu.

Proyek prestisius lainnya adalah mempersiapkan sebuah kolokium filsafat/etika yang akan diselenggarakan pada tanggal 15 Desember 2011. Kolokium kali ini akan mendiskusikan pemikiran seorang Amartya Sen, begawan, filsuf dan ekonom dari India tetapi yang telah mendunia. Berbagai perspekstif akan didiskusikan, mulai dari gagasannya mengenai keadilan, pemikirannya mengenai feminisme dan multikulturalisme, sampai upaya menerapkan teori dan pemikiran Beliau dalam menjelaskan masalah keadilan pelayanan kesehatan, kesehatan masyarakat, dan seterusnya. Banyak profesor, doktor, dan pencinta pemikiran filosofis/etis akan terlibat dan mendiskusikan pemikiran-pemikiran seputar tema itu.

Itulah kurang lebih apa yang sedang dilakukan. Jika ada rekan-rekan yang tertarik, terutama ikut terlibat dalam kolokium di bulan Desember 2011 nanti, jangan malu-malu menghubungi saya.

Kembali ke proses kreatif dalam menulis, semoga ke depan semakin kreatif dan produktif lagi. Sukses selalu dan salam untuk semuanya.[]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s