Prato della Valle, sebuah Taman nan Asri di Kota Padua

Prato della Valle, sebuah taman nan asri di Kota Padua, Italia (Foto: Jeremias Jena/22 Mei 2011)

Bagi yang mengunjungi kota Padua di wilayah Venetia, Italia, saying kalau tidak sempat mengunjungi taman rekreasi yang satu ini. Namanya Prato della Valley atau terjemahan lurusnya kira-kira “padang rumput dari pebukitan” (meadow of the valley). Jangan terkecoh dengan nama kalau Anda membayangkan padang rumput ala stepa dan savanna di daerah Sumba, NTT. Jangan juga keliru dengan nama pebukitan. Memang taman ini dipenuhi rerumputan hijau, terutama di musim panas seperti ini. Pohon-pohon di di taman itu pun mulai rindang setelah musim dingin kemarin.

Prato della Valle memiliki luas 90 ribu meter persegi, berbentuk lingkaran elips dan termasuk salah satu taman terluas di Eropa dan terluas di Italia. Taman ini dikelilingi parit yang dialiri air sehingga mengesankan sebagai sebuah pulau di tengah laut. Ada empat jembatan sebagai penghubung taman dengan jalan utama. Sementara di sekelilingnya berdiri megah puluhan patung. Salah satunya adalah patung Andrea Memmo, dianggap sebagai pendiri kota Padua. Pada tahun 1775 dia memutuskan untuk mereklamasi dan membangun ulang daerah yang sekarang menjadi lokasi taman. Waktu itu daerah tersebut adalah rawa-rawa. Mungkin di Indonesia disebut sebagai tempat jin buang anak.

Prato della Valle, sebuah taman nan asri di Kota Padua, Italia (Foto: Jeremias Jena/22 Mei 2011)

Menurut sejarah, bagian timur laut dari taman ini termasuk daerah yang telah dikuasai pemerintah kerajaan Roma dan terutama digunakan oleh Zairo, sebuah teater sejak zaman kekuasaan Kekaiseran Augustan. Untuk kepentingan pementasan teater, daerah sebelah timur laut ini mampu menampung sekurang-kurangnya 6.400 penonton. Kamp militer juga terletak di bagian ini.

Selama abad pertengahan, drama-drama keagamaan sering ditampilkan di taman ini. Pada bulan Juni 1257, untuk pertama kalinya lomba pacuan kuda kaum Barbary diselenggarakan di tempat ini. Dan sejak tahun 1077 taman dan daerah sekitarnya sudah dikenal sebagai tempat pameran hewan, diselenggarakan setiap dua bulan sekali. Puncak kegiatan dan keramaian di masa lalu tentu terjadi pada Pesta Santa Yustina, pelindung kota Padua, setiap tanggal 7 Oktober.

Tidak jauh dari taman ini terletak sebuah Basilika megah bernama Basilika Santa Yustina. Menurut kepercayaan orang Katolik, di tempat di mana Basilika ini dibangun terdapat makam Santa Yustina, seorang martir. Berbagai kegiatan keagamaan dan perarakan umumnya diadakan di sekitar halaman basilika, tetapi sejak tahun 1608 seluruh perayaan keagamaan yang ada hubungan dengan perarakan atau pawai biasanya diadakan di taman Prato della Valle.

Prato della Valle dewasa ini tentu merupakan salah satu tempat rekreasi. Di musim panas seperti ini di mana matahari baru benar-benar terbenam sekitar jam 9:00 malam, taman ini sungguh-sungguh ramai dipadati pengunjung, terutama kaum muda. Mereka menikmati musik, bernyanyi dan tertawa, sekadar ngobrol, atau menunggu malam tiba untuk menikmati lezatnya makanan yang dijual di sekitar taman.

Khusus untuk hari Sabtu (terutama di musim panas), daerah sekitar taman, terutama di sebelah luar parit, disulap jadi pasar tradisional. Pasar ini ramai sekali. Banyak barang dijajakan di sini, dan tentu saja lebih murah dari toko. Pasar tradisional ini pun berlangsung sepanjang hari Sabtu. Sekitar jam 6-7 malam, para penjual mulai membereskan barang-barang dagangan dan pulang ke rumah. Sementara hari Minggu biasanya sepi, sama seperti seluruh kota Padua yang sepi di hari Minggu. Umumnya toko-toko tutup pada hari ini.

Rumput hijau yang memenuhi seluruh taman tampak semakin asri saja. Dan pohon-pohonnya yang rindang siap melindungi kita dari sengat matahari yang hari-hari ini terasa sangat panas. Lebih asyik lagi kalau Anda datang dengan pasangan atau pacar atau siapa pun dia. Duduk berdua sambil menikmati indahnya taman, mungkin terasa seperti di kayangan. Entahlah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s