21. EGOISME

William Gladstone pernah mengatakan, “Sikap mementingkan diri sendiri merupakan kutuk terbesar dalam diri manusia.” Ia adalah kejahatan dan immoral karena menghalangi seseorang yang terkena penyakit menakutkan ini untuk tumbuh menjadi matang.

Egoisme tidak memberikan manfaat-manfaat yang berguna (worthwhile goals) dan menahan orang lain untuk berhasil meraih cita-cita mereka. 

Sungguh menyakitkan kalau sikap mementingkan diri sendiri ini akhirnya menambah ketidakbahagiaan dan kekosongan. Egoisme (selfishness) itu seperti penyakit kanker. Jika Anda seorang pengabdinya dan hidup hanya bagi diri Anda sendiri, Anda hanya berputar-putar pada diri Anda. Dan diri macam apa kalau Anda tidak dapat berkomunikasi dengan diri Anda sendiri atau dengan orang lain secara kreatif?

Adalah manusiawi kalau dalam hidup ini orang mencari aman dengan mengambil dari kehidupannya keinginan-keinginan yang berguna yang tidak merugikan orang lain dan diri sendiri. Jika Anda menerima, Anda gantian memberi kepada orang lain yang sedang berkekurangan dalam kebutuhan akan kehendak baik dan bela rasa.

Penyembuhan dari sikap mementingkan diri sendiri adalah dengan mempunyai keinginan atau cita-cita, tujuan yang kreatif untuk orang lain dan diri Anda sendiri, untuk masyarakat sumbangkan ide-ide mengatasi penyebab-penyebab persoalan. Orang yang hanya punya kepentingan diri sendiri (self-interest) hampir selalu menjadi malapetaka karena kepentingan diri itu membuat dirinya kurang dari seperti dia seharusnya dan menggerakkanya kepada berhentinya pikiran, jiwa, dan raga.

Seandainya Anda hanya untuk diri Anda saja, Anda tinggal sendirian. Jika diri Anda biasakan untuk memahami kebutuhan-kebutuhan Anda dan orang lain, Anda memiliki banyak teman. Manakah yang akan terjadi, kepentingan diri atau pemenuhan diri? Ingatlah kata-kata Sir William Osler, “Di dunia ini kita tidak mencari apa saja dari hidup kita yang bisa kita dapatkan untuk kita sendiri, tetapi mencoba membuat kehidupan orang lain lebih bahagia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s