18. MENIT INI JUGA!

Mengejutkan……Di masa yang keras dan tidak tenang ini tak terhitung berapa jumlah pasien sakit mental dan psiko-neurotik yang memadati Re dan institusi kami, dan tak terhitung jumlah orang yang minta diijinkan masuk RE. Apa alasan mereka? Ketegangan!  Banyak dari kita menderita sakit karena ketegangan, memanggul beban berat hari kemarin dan ketakutan akan hari esok.

Ketika kita melihat diri dalam cermin, apa yang kita lihat?  60% berhubungan dengan hari kemarin; 20% berkaitan dengan esok. Lalu di mana hari ini? Hari ini hilang di antara kepanikan hari kemarin dan esok. Banyak dari  kita menderita karena penyakit yang saya sebut “komplikasi hari kemarin dan esok”. Ada 1440 menit sehari dan kita hidup sangat singkat atas waktu itu sekarang ini. Mestinya kita tidak hidup di masa lalu lagi tetapi mencoba hidup untuk masa depan.

Anda harus menghidupi hari ini. Bukan sekedar ada atau mempertanyakan hidup, tetapi hidup secara kreatif setiap hari. Mencari atau mengejar keinginan-keinginan yang masih ada di bawah kemampuan Anda.

Anda mesti menyadari bahwa hari esok sebenarnya merupakan perluasan dari hari ini. Anda harus hidup pada saat sekarang, setiap hari, menit ini juga; hidup secara kreatif bukan destruktif, hidup dengan kepercayaan bukan kesangsian. Inilah yang dikatakan Pablo Casals, seorang pemain celo masyur, saat ultahnya mencapai 93 tahun. “Setiap hari aku lahir kembali, setiap hari bagiku seumur hidup”. 

Hiduplah untuk hari ini, menit ini juga!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s