“Saya berpikir, jadi saya tidak”

Suatu sore di sudut jalan yang kurang ramai di kota itu, Rene Descartes tampak sedang duduk dalam sebuah kedai kopi. Sang filsuf rupanya telah menghabiskan segelas kopi, dank arena masih duduk di sana, seorang pelayan kedai pun menghampirinya, lalu bertanya, “Tuan Descartes,  apakah Anda masih mau segelas kopi lagi?”

Jawab Descartes, “Tidak, tidak usah! Saya berpikir, jadi saya tidak [membutuhkan kopi lagi].” Sang filsuf pun tenggelam dalam pikirannya sendiri.

Sang pelayan pun kembali ke tempatnya semula sambil mencoba memikirkan apa yang dikatakan sang filsuf, “Saya berpikir, jadi saya tidak!”

Tinggalkan Balasan

