13. KELAK ANDA INGIN JADI APA?

Belum lama ini seseorang bertanya kepada saya apakah harapan itu? Saya mengatakan bahwa harapan adalah penuntun jalan ke masa depan. Di masa-masa gawat seperti sekarang ini banyak dari kita ingin tahu akan jadi apa bangsa manusia ini. Hal itu tergantung pada “sedang menjadi apa makhluk tersebut sekarang ini”.  Dan dalam analisis  terakhir, hal itu tergantung pada apa yang diinginkan setiap individu dalam hidupnya.

Socrates berkata, “Kenalilah dirimu” (Know thyself).

Marcus Aurelius berkata, “Jadilah dirimu sendiri” (Be youReelf).

Shakespeare berkata, “ Tepatlah memiliki diri kepunyaan Anda” (To thine own self be true).

Saya yakin gagasan ini akan lebih berkembang lagi. Setiap hari Anda harus memikirkan kembali siapa Anda. Setiap hari Anda mesti menyesuaikan citra diri Anda dengan kondisi yang sedang berubah setiap hari. Gambaran diri Anda, pendapat Anda tentang diri Anda, dan peta jalan ke mana Anda akan melangkah pergi dalam hidup ini tidak pernah statis.

Anda ada dalam perubahan, bergerak menuju suatu tujuan bahkan sekalipun Anda tertidur, sebab walau Anda tertidur mekanisme sukses Anda sedang bekerja di bawah sadar.  Berpikirlah dalam hubungan yang kreatif akan pencapaian rasa harga diri Anda dalam strata yang tinggi. Yang terpenting bukanlah seberapa besar daya imajinasi Anda tetapi apa yang sedang Anda lakukan secara kreatif dengan imajinasi itu menit ini juga.

Apakah Anda tidak begitu penting kalau setiap hari Anda “sedang menjadi”, sedang bertumbuh, sedang bekerja, sedang berpikir kembali. Harapan umat manusia ada pada apa yang sedang Anda jadikan dengan berbuat, memberi, berbagi, tumbuh, menghormati integritas Anda sendiri dan harga diri orang lain. Inilah salah satu jalan menghentikan kebencian dan kejahatan, dan satu-satunya jalan menjadi manusia sukses. Sedang menjadi apa Anda menit ini juga? Anda sedang menjadi Anda yang kreatif, menghitung lebih banyak tahun-tahun untuk hidup Anda dan kehidupan yang lebih untuk tahun-tahun Anda. Katakan setiap hari pada diri Anda sepanjang hidup: “Inilah hari pertama yang terbaik dalam kehidupanku”, dan buktikanlah itu dengan menghidupinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s