12. WAJAH TERBAIK ANDA

Sebuah cerita mengisahkan tentang seorang penasihat Presiden Lincoln yang memberi rekomendasi seorang kandidat untuk menduduki jabatan di kabinetnya. Lincoln menolaknya, dan ketika ditanya apa alasannya ia mengatakan: “Saya tidak suka wajah orang itu”.

“Tetapi orang yang berwajah buruk tersebut tidak bertanggung jawab atas wajahnya?”, kata penasihatnya membantah.

“Setiap orang berusia di atas 40 tahun bertanggung jawab atas wajahnya.” Jawab Lincoln, dan orang tersebut ditolak.

Apakah Anda bertanggung jawab atas wajah Anda? Saya yakin begitulah, tetapi sebagai ahli bedah plastik saya merasa kita harus mengecualikan individu yang wajahnya bopeng sebagai akibat kecelakaan  dalam rumah, lalu lintas, industri, dan anak yang dilahirkan cacat. Mereka ini bertanggung jawab atas wajah mereka segera sesudah mereka kembali  menjadi normal.  Sesungguhnya inilah yang dimaksudkan  Lincoln. Setiap individu bertanggung jawab atas wajahnya setelah 40 tahun karena selama 40 tahun hidup, seharusnya telah banyak sekali “menanamkan” dalam wajahnya kegembiraan-kegembiraan, kesedihan-kesedihan, perjuangan agar hidup terus, kesalahan-kesalahan, perasaan sakit hati, perasaan kesepian, kecemasan-kecemasan dan kebulatan tekad saat mengatasi persoalan.

Sebagai akibat dari pergolakan emosional dan spiritual ini orang menjadi lebih bijaksana, lebih gentle, lebih ingin menghibur orang lain. Mereka mampu memahami kebutuhan mereka dan kebutuhan orang lain. Mereka dapat memperlihatkan kebaikan dan simpati, suatu kerelaan untuk menghapus dendam, kebencian, kefanatikan dan berdiri dalam ketidakpastian serta kesunyian.  Di bawah ketegangan-ketegangan ini, ketika Anda menemukan diri besar Anda, bukanlah soal jika ada kerutan di wajah Anda. Kerutan itu bukan pada wajah pikiran Anda. Shakespeare mengatakan: “Terhadap diri sendiri beReikaplah jujur”

Kita dapat mengatakan: “Terhadap diri sendiri beReikaplah jujur” dan Anda akan memperlihatkan kepada dunia wajah Anda yang terbaik, terindah sepanjang waktu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s