11. ORANG ASING DALAM DIRI ANDA

Setiap hari Anda berjumpa dengan orang-orang asing dalam kehidupan Anda ke mana saja Anda pergi. Namun, apakah pernah terjadi pada Anda, bahwa Anda tidak pergi sendirian, bahwa ada seorang asing yang menjadi tamu Anda sepanjang hari? Orang asing ini dekat dengan Anda, lebih dekat dari istri atau anak Anda, keluarga atau seorang teman Anda. Inilah orang asing dalam diri Anda. Dikatakan asing karena Anda tidak mengenalnya. Anda tidak menyadari kehadirannya; tidak menyadari apa fungsinya.Penting  bagi Anda mengenal dia secara lebih baik sebab jika ini Anda lakukan, dia dapat menjadi sahabat baik Anda. Untuk sungguh bahagia, Anda harus tulus hati dengan orang asing ini. Jika Anda mengabaikannya atau tidak mau memahaminya, dia dapat menjadi musuh berbahaya bagi Anda.

Tahukah Anda bahwa Anda sesungguhnya mempunyai  citra diri di balik wajah Anda? Citra diri ini secara simbolis memiliki wajahnya sendiri juga;  ia adalah wajah dari pikiran Anda yang mendominasi kehidupan Anda. Ia adalah si kembar siam dalam diri Anda yang tak dapat meloloskan diri. Si kembar ini mengontrol hidup Anda sebab, entah Anda sadar atau tidak, Anda melakukan apa yang ia perintahkan. Citra diri ini lalu menjadi orang asing dalam diri Anda. Ia detakkan jantung pikiran Anda, jam terpatri  tetap yang mendetikkan waktu-waktu kebahagiaan  atau kesedihan, tergantung bagaimana pemahaman Anda terhadapnya. Citra diri Anda merupakan alat pengatur emosi Anda  yang menggerakkan tingkah laku Anda terhadap orang lain dan diri Anda sendiri.

Orang asing ini, citra diri Anda, adalah pendapat Anda tentang diri Anda sendiri dan  ia dibangun atas sukses-sukses dan kegagalan dalam hidup Anda. Jika Anda dikuasai kegagalan-kegagalan masa lalu sebagaimana Anda coba tanggulangi dengan keinginan sehari-hari sekarang ini, Anda dipenuhi ketidak percayaan yang mengubah dan menodai citra diri Anda.  Anda kemudian merasa malu dengan gambar diri Anda dan membatasi kemampuan diri  melalui kecemasan dan ketakutan itu.

Jika Anda memanfaatkan sukses-sukses Anda di masa lalu Anda bagi usaha sekarang, hal ini menambah pesona citra diri Anda. Orang asing dalam diri Anda lalu menjadi sahabat karib Anda, yang mendorong dan menyemangati Anda meraih  martabat dan pemenuhan diri yang nyata di atas kenyataan.

Hal terpenting untuk diingat adalah bahwa orang asing itu tidak memerintah Anda. Andalah yang mengaturnya. Aturlah dia secara kreatif, dengan belaskasih dan Anda akan lebih beReemangat hidup. Inilah pemikiran untuk hidup. Napoleon mengatakan: “Aku sendirilah yang membuat kesalahan, tiada yang lain”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s