7. PRINSIP HIDUP BAHAGIA

Sukses dan kebahagiaan berjalan beriringan

Prinsip untuk hidup bahagia secara sederhana berarti demikian: “Semakin Anda berbagi kebahagiaan dengan orang lain, semakin Anda memiliki diri Anda sendiri.” Itu juga berarti bahwa semakin Anda bahagia, semakin bijaksana pula Anda. Dan akhirnya, kebahagiaan itu merupakan kebajikan sebagaimana ketidakbahagiaan adalah kejahatan.

Pada saat Anda bahagia, hal-hal yang mulia di alam raya ini menjadi lebih kelihatan. Bunga-bunga kian semerbak harumnya, desiran angin terdengar lebih jelas, makanan terasa lebih lezat, tali peReahabatan kian akrab, dan suara Anda lebih hidup.

Sebaliknya, ketika Anda tidak bahagia, Anda tidak mampu melihat keindahan baik di dalam maupun di luar. Anda tidak mendengar senormal seharusnya, semua terasa berbau tak sedap, makanan tidak enak, sentuhan Anda terkibaskan, dan suara Anda hilang dalam kesunyian.

Kebahagiaan ada di dalam batin. Itu berarti bahwa dalam diri kita mesti ada daya pemahaman yang jelas, Anda dapat melihat kemungkinan-kemungkinan diri Anda untuk menjadi lebih besar dan lebih baik, lalu Anda hidup bagi diri sendiri dan bagi yang lain. Ini berarti membagikan nasib baik Anda kepada orang lain yang membutuhkan jasa Anda.

Dalam ketidakbahagiaan daya penglihatan spiritual Anda diselimuti oleh mental bular (mental cataract) sehingga Anda tidak mampu melihat hal-hal yang baik dalam diri Anda, juga berbuat baik hati kepada diri sendiri atau secara cukup bijak menyadari bahwa kesunyian dan ketakutan adalah noda-noda yang menggelapkan.

Ingatlah kata-kata John Masefield, pujangga terkenal Inggris: “Hari-hari yang membuat kita bahagia menjadikan kita bijaksana.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s