4. PUJIAN

Proficiat

Apa itu pujian?  Pujian merupakan suatu ekspresi dari cinta dan peReahabatan yang bermacam-macam, dan seharusnya kita lebih sering melakukannya, memberikan  pujian pada seseorang yang berbuat baik dengan tutur kata yang baik. Sering kita  menjadi begitu berlebihan dalam memberikan pujian kepada seseorang ketika mereka sudah meninggal dan tak dapat mendengar sepatah katapun pujian itu.

Kita semua menginginkan suatu pujian, baik sekarang maupun kelak. Setiap manusia, entah ia pengemis ataupun hartawan, petani atau filsuf, murid atau guru, single atau sudah kawin, mencari penghargaan dengan mati-matian.  Salah satu hasrat terbesar setiap manusia adalah merasa dibutuhkan dan membutuhkan sesuatu pada suatu saat.

Kita berhak mendapat pujian itu bukan saja saat membutuhkan dan mencarinya, namun juga saat kita menerimanya secara alamiah ketika berbuat sesuatu bagi orang lain, dan saat itu pula kita berbuat sesuatu bagi diri kita. Sejak buku Psycho-Cybernetics saya diterbitkan tahun 1959, saya telah menerima ribuan surat dari orang-orang di seluruh dunia yang berterima kasih karena merasa terbantu menjadi diri sendiri; karena membantu mereka menjadi merasa lebih dibutuhkan. Dan, kita semestinya memberikan pujian pada saat yang tepat. Ingatlah bahwa cinta dan peReahabatan itu tidak ternilai harganya pada usia berapapun.

Pertimbangkanlah kata-kata Berton Braley: “Kalau menurutmu pujian itu tepat untuk diberikan pada seseorang  sekaranglah saatnya memuji dia, karena ia tidak bisa membaca batu nisannya kalau ia sudah mati”.

3 pemikiran pada “4. PUJIAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s