My Sister’s Keeper

Para Pemain

Cameron Diaz – Sara Fitzgerald

Alec Baldwin – Campbell Alexander

Abigail Breslin – Anna Fitzgerald

Sofia Vassilieva – Kate Fitzgerald

Jason Patric – Brian Fitzgerald

Evan Ellingson – Jesse Fitzgerald

Elizabeth Daily – Nurse Susan

Joan Cusack – Judge De Salvo

Thomas Dekker – Taylor Ambrose

Jeffrey Markle – Dr. Wayne

Emily Deschanel – Dr. Farquad

Amit Khanduja – Chief Surgeon

Olivia Hancock – Young Kate Fitzgerald

Anna Fitzgerald, gadis berusia 13 tahun memperkarakan orangtuanya demi memperjuangkan hak atas tubuhnya (medical emancipation). Saudarinya, Kate Fitzgerald menderita Promyelocytic leukemia (kanker darah dan sum-sum tulang). Untuk menolong kesembuhan saudarinya ini orangtua Anna memutuskan untuk mengandung Anna secara in vitro dengan tujuan agar Anna bisa menjadi pendonor bagian tubuh tertentu bagi saudarinya, Kate. Kedua orangtua Anna dengan sengaja (by design) memanfaatkan atau menggunakan umbilical cord blood (umbilical cord = tali pusar) untuk menterapi Kate. Anna terus saja digunakan sebagai pendonor bagi kesembuhan Kate sejalan dengan kondisi kesehatan Kate yang semakin hari semakin menurun. Berhadapan dengan kenyataan dia menjadi “objek” atau pendonor bagi kepentingan kesehatan Kate, Anna memperjuangkan sebuah emansipasi medis agar dia bisa mengambil keputusannya sendiri, termasuk apakah bersedia mendonorkan ginjal (kidney) kepada Kate yang menderita gagal ginjal?

Setiap anggota keluarga Anna digambar masing-masingnya dengan fokus pada bagaimana penderitaan Kate telah mempengaruhi mereka secara pribadi dan keluarga. Ketika Kate berusia 15 tahun, dia menderita kegagalan renal (renal failure). Waktu itu Anna tahu bahwa orangtuanya akan memaksa dia mendonasikan salah satu ginjalnya demi menolong sang kakak. Anna juga tahu bahwa jika dia mendonasikan salah satu ginjalnya, dia akan menjadi orang yang tidak bisa hidup sesuai yang diinginkannya, dia tidak bisa lagi mengambil bagian dalam berbagai kegiatan seperti menjadi pemandu sorak atau bermain soccer, atau bahkan menjadi seorang ibu. Menyadari hal-hal ini yang akan menimpa dirinya, Anna mengadukan kedua orangtuanya ke pengadilan demi memperjuangkan emansipasi medis dan demi memperoleh hak atas tubuhnya. Sara, ibunya yang sangat protektif itu, merasa marah dengan keputusan yang diambil Anna bahkan ingin melabraknya ketika mengetahui bahwa perkara yang diajukan Anna itu akan segera digelar. Pengacara Campbell Alexander bersedia memperjuangkan hak-hak Anna sebagai guardian ad litem, dan memperjuangkan penentuan diri sendiri bagi Anna. Jika akhirnya Campbell sang pengacara setuju untuk menarik kasus itu bukan karena alasan mencari sensasi atau popularitas, tetapi karena dia menderita epilepsi dan menyadari bahwa jika di sidang nanti penyakitnya kambuh maka Anna akan menemukan diri berada dalam kesulitan untuk mengontrol atau mempertahankan hak atas tubuhnya sendiri.

Film ini sendiri dipenuhi dengan teknik flashback di mana Kate dan Anna digambarkan secara detail sebagai dua orang saudara yang sangat dekat meskipun penderitaan Kate sendiri telah mempengaruhi kehidupan Anna saudarinya dan mempengaruhi hubungan persaudarian mereka. Melalui teknik flachback juga diperlihatkan bagaimana Kate bertemu dengan Taylor Ambrose, sesama penderita kanker yang kemudian menjadi kekasihnya. Dalam sebuah adegan ditunjukan bagaimana di apel mereka yang pertama Kate mengalami dicium untuk pertama kalinya dan kedua orangtuanya menyaksikan dari jendela kamar tidur mereka. Sejak saat itulah Ambrose menjadi pacarnya Kate yang bersedia mendampingi Kate selama terapi. Film juga memperlihatkan bagaimana kedua insan muda ini terlibat asmara menggebu ketika mereka menghadiri “prom night” untuk para pasien. Beberapa hari kemudian ketika Ambrose tidak menampakkan batang hidungnya, Kate menangis sejadi-jadinya bukan hanya karena Ambrose “terlanjut” menidurinya, tetapi terlebih karena—berdasarkan informasi dari para perawat—Taylor Ambrose telah meninggal dunia.

Sang ibu (Sara Fitzgerald) sebenarnya adalah seorang mantan pengacara. Dia memutuskan berhenti sebagai pengacara demi berkonsentrasi merawat dan menyembuhkan Kate. Sementara sang suami, Brian Fitzgerald adalah seorang pegawai pemadam kebakaran di Los Angeles yang tampaknya memiliki pengahasilan yang cukup baik. Ketika Anna memperkarakan kedua orangtuanya ke pengadilan dengan bantuan Campbell Alexander, seorang penasihat hukum kaya dan terkenal, Sara memutuskan untuk tidak menggunakan pengacara. Sara sendiri berusaha meyakinkan Anna untuk menarik gugatannya, tetapi ditolak Anna.

Selama sidang Campbell dan Sara mengajukan saksi-saksi yang menguntungkan mereka masing-masing. Mereka ingin membuktikan apakah Anna sudah cukup dewasa untuk menuntut emansipasi medis atau belum. De Salvo sebagai orang yang diharapkan menyampaikan sebuah laporan perihal siapa yang menurutnya harus menang justru tidak bisa memutuskannya. Ketika kesaksian sedang berjalan, Anna mengemukakan testimoni bahwa yang dia lakukan dengan mengajukan orang tuanya ke pengadilan adalah karena Kate sendiri mengatakan kepadanya untuk tidak melanjutkan menjadi pendonor bagi dirinya. Inilah alasan mengapa Anna mau menempuh jalur hukum. Hakim akhirnya memenangkan Anna dan memberikan kepada Campbell selaku pengacara untuk menjadi pengemban kekuasaan medis bagi Anna sampai Anna mencapai usia 18 tahun di mana dia bisa mengambil keputusannya sendiri.

Di luar dugaan Sara, hakim (de Salvo) memutuskan untuk menghentikan perkara dan perkara dilanjutkan ke tingkat dengar pendapat. Selama sesi dengar pendapat, Sara dan Jesse (kakak tertua) tidak berhasil meyakinkan Anna untuk menarik perkara dengan mengakui bahwa apa yang dia lakukan bukan karena keinginannya sendiri tetapi karena diminta oleh Kate. Bahwa Kate sangat tidak yakin akan keselamatannya sendiri mengahadapi operasi lainnya dan lebih memilih untuk mati secara damai. Dan karena Sara menolak apa yang dikehendaki Kate dan tetap berusaha bertahan dalam merawat Kate demi kesembuhan, dia diam-diam meminta Anna untuk memperkarakan orang tuanya sendiri demi memperjuangkan emansipasi medis dan menolak untuk mendonasikan salah satu ginjalnya. Tetapi pada waktu yang kurang lebih sama Kate meminta izin pergi ke pantai, dan Brian, sang ayah, mendapatkan izin dari dokter dan akhirnya membawa Kate dan anak-anak lainnya ke pantai. Sebagai seorang ibu yang terlalu overprotective, Sarah naik pitam ketika Brian membawa Kate kembali ke rumah dan bersiap-siap pergi ke pantai. Sara marah sekali dan meminta Brian membawa pulang Kate ke rumah sakit. Dengan marahnya Brian menolak permintaan itu dan memacu mobilnya ke arah pantai. Brian bahkan mengancam Sara bercerai jika Sara tidak menyusul ke pantai. Sara akhirnya datang juga ke pantai di mana mereka menikmati rekreasi keluarga untuk terakhir kalinya. Tetapi sebelum masalahnya terpecahkan, Kate meninggal dunia dalam tidurnya di rumah sakit di samping ibunya sendiri. Setelah kematian Kate, Campbell mengantar putusan pengadilan kepada keluarga itu—Anna telah memenangkan perkara. Keluarga itu terus melajukan hidupnya ke depan, mengalami sebuah perubahan berkat kematian Kate. Setiap tiba hari ulang tahun Kate, keluarga itu berekreasi ke Montana, tempat yang paling disukai Kate semasa hidupnya.

Discussion Questions

  1. One of this film’s strengths is the way it skillfully demonstrates the subjectivity people bring to their interactions with others. The motivations of individual characters, the emotions that pull them one way or another, and the personal feelings that they inject into professional situations becomes achingly clear as we explore many different viewpoints. For example, despite Julia and Campbell’s attempts to remain calm, unemotional and businesslike when they deal with one another, the past keeps seeping in, clouding their interaction. The same goes for the interaction between Sara and Anna during the trial. Is there such a thing as an objective decision in the world of this story? Is anyone capable of being totally rational, or do emotions always come into play?
  2. What do you think of this story’s representation of the justice system? What was your opinion of the final outcome of the trial?
  3. What is your opinion of Sara? With her life focused on saving Kate, she sometimes neglects her other children. Jesse is rapidly becoming a juvenile delinquent, and Anna is invisible — a fact that the little girl knows only too well. What does this say about Sara’s role as a mother? What would you have done in her shoes? Has she unwittingly forgotten Jesse and Anna, or do you think she has consciously chosen to neglect them — either as an attempt to save a little energy for herself, or as some kind of punishment? Does Sara resent her other children for being healthy? Did you find yourself criticizing Sara, empathizing with her, or both?
  4. During the trial, when Dr. Campbell takes the stand, he describes the rules by which the medical ethics committee, of which he is a part, rules their cases. Out of these six principles (autonomy, veracity, fidelity, beneficence, non-maleficence, and justice), which apply to Anna’s lawsuit? Moreover, which of these should be applied to Anna’s home situation? In other words, do you think a parent might have anything to learn from the guidelines that the doctors follow? Are there family ethics that ought to be put into place to ensure positive family dynamics? If so, what should they be?
  5. My Sister’s Keeper explores the moral, practical and emotional complications of putting one human being in pain or in danger for the well being of another. Discuss the different kinds of ethical problems that Anna, as the “designer baby,” presents in this story? Has this film changed any of your opinions about other conflicts in bioethics like stem cell research or genetically manipulated offspring? Has this film affect some of your religious doctrine? What are they?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s