Jalan Terus!

Ketika Colombus menyeberangi lautan Atlantik yang sukar dan membahayakan, tidak tahu ke mana ia berlayar. “Hari ini kami berlayar pada lintasan WSW,” tulisnya pada buku hariannya. Colombus pastilah dipenuhi harapan dan keyakinan bahwa dia diarahkan secara benar agar tepat pada tujuan yang akan dicapai.

Tentu ia juga mempunyai pikiran tentang keputusasaan bahwa ia tidak akan sampai pada tujuan; ia bisa saja tiada hentinya terombang-ambing di tengah lautan yang menggelora; mungkin ia juga kehilangan dunia ini selama-lamanya. Hal-hal lain juga mungkin terjadi lebih buruk, misalnya kapalnya rusak dan para awak kapal yang ancam untuk memberontak. Apakah Colombus kadang-kadang kehilangan harapan dan keyakinan, juga kepercayaan? Tentu saja ia mengalaminya.

Namun pada saat-saat putus asa, frustrasi, dan krisis itu Colombus membangkitkan keberaniannya. Ia tahu ia harus berada pada posisi yang tepat dan jalan terus. Mengapa ia menjadi berani? Karena ia memiliki integritas dari dalam (batini-ah). Apakah Anda memiliki integritas diri ketika Anda ada dalam keadaan-keadaan sulit? Punyakah Anda rasa harga diri selama krisis? Apakah Anda membangkitkan kepercayaan Anda di saat-saat kehilangan harapan, kegagalan, waktu panik, ketika Anda tenggelam dalam lautan frustrasi? Ketika tak dapat sampai pada pelabuhan? Ketika memberontak terhadap diri sendiri? Kebe-saran diri terbentuk ketika Anda mencoba menjadi besar. Kapan itu? Pada saat-saat krisis. Pada saat ragu-ragu, susah, dan putus harapan, maukah Anda menuliskan kata-kata Colombus pada selembar kertas: “Hari ini kami berlayar terus,” kemudian dihayati dalam kehidupan sehari-hari? Ini merupakan tanggung jawab moral yang perlu Anda buat juga.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s