1. KEBERANIAN

PENGANTAR

Mungkin Anda pernah mendengar kata atau membaca buku Psycho-Cybernetik. Maxwell Maltz menulis sebuah buku berjudul Psycho-Cybernetics pada tahun 1960. Buku bergenre self-help ini adalah sebuah buku motivasional yang berusaha membantu seseorang bertumbuh dan berkembang sebagai individu. Kalau Anda mengenal penulis-penulis buku motivasional seperti Zig Ziglar, Tony Robbins, atau Brian Tracy, mereka sebetulnya sangat dipengaruhi oleh pemikira-pemikiran Maxwell.

Buku ini sendiri sebenarnya mengkombinasikan teknik perilaku kognitif dalam pengajaran tentang bagaimana mengelola dan mengatur konsep-diri yang pernah dikembangkan oleh Prescott Lecky dengan metode cyberneticsnya Norbert Wiener dan John von Neumann. Buku Psycho-Cybernetics sendiri mendefinisikan hubungan antara pikiran dan tubuh sebagai aspek utama dalam meraih kesuksesan dalam pertumbuhan diri sebagai pribadi/

Saya sendiri pernah mengedit terjemahan buku ini dan diterbitkan di tempat saya bekerja (Penerbit Mediator) pada tahun 2003. Sekarang setelah membaca kembali buku ini, saya merasa nasihat-nasihatnya sangat membantu pertumbuhan kita sebagai individu. Karena itu, saya memuat beberapa topik di blog ini, semoga bias membantu pembaca semua mendalami pemikiran-pemikiran motivasional Maxwell.

KEBERANIAN

Cervantes menulis:

Orang yang kehilangan harta kekayaannya menderita banyak kerugian:

Namun orang yang kehilangan keberanian kehilangan segalanya.

Keberanian diri, seperti halnya rasa kasihan, merupakan salah satu unsur terbesar dari insting sukses dalam hidup manusia. Saya tidak dapat membayangkan bagaimana seseorang yang tanpa keberanian menjadi sukses, tanpa daya tahan untuk mengatasi rintangan dan mencapai tujuan mereka yang penting, tanpa keuletan untuk berpegang teguh pada cita-cita yang berguna bagi dirinya dan orang lain di dunia ini.

Keberanian adalah ekspresi yang muncul dari ketiga dunia di mana manusia hidup; dunia fisik, mental, dan spiritual.

Keberanian karena terpaksa, maksudnya keberanian yang kreatif secara tidak langsung menyatakan bahwa usaha untuk mencari kebebasan tiga tingkat dunia itu, merupakan usaha untuk mencari kebenaran abadi.

Keberanian yang menuntut Anda untuk mempertahankan hak-hak Anda dan hak orang lain adalah bentuk keberanian mulia yang telah membangun bangsa kita, keberanian untuk hidup dengan belas kasihan bukan agresif; keberanian untuk hidup dalam keyakinan bukan keraguan; keberanian untuk hidup dalam harapan bukan keputusasaan; keberanian untuk mengatasi krisis bukan dibanjiri krisis; keberanian membangun kepercayaan diri; keberanian untuk menerima kesalahan daripada memarahi diri karena ketidaksempurnaan ā€“ inilah aspek-aspek yang benar dari keberanian. Ingatlah walaupun Anda adalah sebuah pulau dalam diri Anda sendiri, Anda bagian dari tanah daratan bersama dengan yang lain pula dan ditentukan untuk membagikan keberanian Anda dengan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s